Kamis, 19 Februari 2009

SEKAPUR SIRIH KKN-PPM UNDIP 2009 DESA GEDONG

SEKAPUR SIRIH KKN-PPM UNDIP 2009 DESA GEDONG, KEC. BANYUBIRU, KAB. SEMARANG

Tim KKN-PPM UNDIP 2009 Desa Gedong, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang mengucapkan selamat menikmati blog-er ( www.desa-gedong.co.cc ) kami yang berisi kegiatan-kegiatan selama KKN PPM di Desa Gedong, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

PROGRAM KERJA KKN-PPM 2009 DESA GEDONG kami bedakan menjadi tiga yaitu : Program Kerja Utama, Program Kerja Pendukung, dan Program Kerja Tambahan.

Program Kerja Utama (PKU) merupakan program kerja yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan. PKU menjadi prioritas karena setelah melakukan observasi, survey, serta wawancara dengan masyarakat sekitar kegiatan-kegiatan tersebutlah yang paling mendesak dibutuhkan oleh masyarakat Desa Gedong.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain :
1. Pembangunan Talud, Saluran Drainase dan Gorong-gorong,
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk UKM Desa Gedong,
3. Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik,
4. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Program kerja berikutnya adalah Program Kerja Pendukung. Disebut demikian karena pelaksanaan program ini urgensinya masih bisa dilaksanakan setelah program kerja utama terlaksana karena program ini sifatnya mendorong masyarakat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Program Kerja Pendukung terdiri dari :
1. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi,
2. Pelatihan Komputer ,
3. Pelajaran Tambahan Sekolah Dasar,
4. Pengecatan Gapura dan Papanisasi ,
5. Pembuatan Lapangan Volly .

Program kerja yang terakhir adalah Program Kerja Tambahan. Program kerja ini kami tempatkan setelah program lain bukan karena program ini tidak penting, akan tetapi lebih kepada faktor waktu dan dana yang tidak mencukupi sehingga kegiatan ini dilaksanaan pada akhir kegiatan KKN.

Program Kerja Tambahan meliputi :
1.Menggali tradisi Saparan (Penyelenggaraan Kesenian Reog) kegiatan kesenian ini dilaksanakan tanggal 21 Februari 2009,
2.Pembuatan Monografi Desa dalam Bentuk Buku.