Selasa, 10 Februari 2009

Kegiatan Desa Gedong

Desa gedong mempunyai berbagai macam kegiatan yang mendukung pendidikan, peningkatan ekonomi dan budaya masyarakat. Melalui peran bersama masyarakat desa dan tim KKN UNDIP 2009, maka dihasilkan berbagai macam kegiatan berupa :


1. PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kegiatan pendidikan untuk anak berusia 2-3 tahun dengan latar belakang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dini sebelum memasuki sekolah dasar sehingga memiliki persiapan untuk memasuki jenjang sekolah dasar serta dalam rangka mewujudkan Desa Siaga dan Posyandu Model.

Dengan adanya biaya Swadaya baik dari Mahasiswa KKN dan pelaksana kegiatan PAUD di Desa Gedong, maka kegiatan PAUD dapat terlaksana pada tanggal 26 Januari 2009 dengan nama PAUD Kasih Bunda. Ketika pertama kali dilaksanakan, ruangan kelas bergitu sederhana dengan jumlah murid tidak begitu banyak. Tetapi berkat kerja dari mahasiswa dan penyampaian informasi yang tepat, maka ruangan kelas menjadi lebih indah dengan dekorasi yang di sukai dengan anak balita dan jumlah anak didik pun menjadi bertambah.


2. UKM ( Usaha Kecil Menengah )

Desa Gedong mempunyai potensi untuk didirikannya UKM atau Usaha Kecil Menengah di lihat dari potensi yang di miliki. UKM yang di mulai tanggal 7 Febuari 2009 oleh mahasiswa KKN berusaha untuk mengembangkan makanan olahan berupa Nata de Coco, Kue olahan jagung dan sebagainya.


3. Saparan

Saparan merupakan kegiatan yang di lakukan oleh tiap dusun berbeda di desa gedong bertujuan untuk merawat dusun dengan memberikan sesaji dan acara tahlilan yang di adakan setahun sekali.

Acara saparan di adakan berdasarkan dana yang di miliki oleh tiap dusun. Dalam saparan terdapat selingan acara berupa Reog, Wayangan dan sebagainya. Setiap Dusun menyelenggarakan acara saparan yang berbeda berdasarkan kelahiran dusun tersebut. Salah satu acara saparan yang di ikuti oleh tim mahasiswa KKN yaitu di dusun Karang Padang yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Febuari 2009

Tidak ada komentar: